Cara Menghadapi Guru Killer

Cara Menghadapi Guru Killer; Sebagai murid, siswa atau pun mahasiswa tentu dengan yang namanya guru atau dosen sudah tak asing lagi, karena setiap hari kita selalu berinteraksi dengan mereka. Namun jika di suatu sekolah atau kampus terdapat guru atau dosen yang agak berbeda sifat dan sikapnya dengan yang lain maka murid sering menyebutnya Guru Killler.

Namun di sini saya akan coba jelaskan satu persatu agar Anda tidak gagal paham,

Daftar Isi

  • Guru Secara Umum
  • Jenis-jenis Guru
  • Apa itu Guru Killer
  • Cara Menghadapi Guru Killer

guru yang satu ini guru yang paling tidak disukai oleh murid-muridnya, guru ini dicap sebagai guru killer karena sikapnya seperti polisi. Guru killer biasanya bersuara lantang, galak, dan kasar. Guru macam ini tidak mempunyai banyak teman murid karena murid lebih segan dan takut untuk beradavtasi. Tapi pada dasarnya guru gaya polisi yang banyak disebut guru killer ini berjiwa besar, beliau mempunyai hati yang gampang luluh, pemaaf dan tidak pendendam, guru killer bertolak belakang dengan guru yang ada pada nomor dua

Guru Secara Umum

Secara umum guru merupakan kependekan dari “Gugu dan Tiru” artinya manusia yang dapat digugu dan ditiru dari segala bentuk baik tingkah laku, gaya, bahasa, kebiasaan, moral, sosial, dan segala hal baik yang terdapat pada sisi manusia. Dalam hal ini guru mempunyai peranan penting dalam mendidik anak bangsa, tugas dan fungsi utama guru adalah untuk mendidik, dan mengajar hanyalah tugas tambahan saja.

Lalu apakah status guru hanya berlaku di sekolah saja? Jawabannya tidak, guru tidak akan berganti status atau predikat walau pun berbeda tempat, guru adalah guru, di mana pun tetap guru, dan kapan pun tetap guru, status guru tak terhalang oleh tempat, ruang dan waktu.

Jenis-jenis Guru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, guru adalah guru, tidak ada yang namanya Semi Guru atau Guru Sintetis, namun guru dapat dibagi dalam beberapa kategori, berikut penjelasnnya:

1. Guru Percontohan
Guru percontohan adalah guru yang segala sesuatunya patut dicontoh dan diikuti oleh kita semua, baik dicontoh oleh murid, dicontoh oleh guru yang lain, dan dapat dicontoh oleh masyarakat secara luas. Guru model seperti ini yang jarang adanya, hanya manusia yang berjiwa besar yang mampu menjadi guru seperti ini.

2. Guru Lemah Lembut
Guru yang lemah lembut secara umum tersebar di seluruh sekolah di negeri ini. Kebanyak guru yang memiliki sifat seperti ini hanya dimiliki oleh guru berjenis kelamin wanita, namun guru pria pun banyak, tapi tak sebanyak guru wanita. Guru macam ini mempunyai sifat penyabar yang luar biasa, yang pastinya sabar terhadap kenakalan murid-muridnya. Namun jangan salah, guru yang lemah lembut jika hatinya sudah tergores atau tersinggung maka guru macam ini laksana harimau yang siap menerkam, beliau akan sangat marah dan dendam, biasanya akan sulit memaafkan, dan tak mudah melupakan masalah yang sudah Anda perbuat. Hati –hati dengan guru yang satu ini.

3. Guru Motivator
Mendengan kata motivator tentu pikiran kita tertuju pada sosok yang kebapak-bapakan, kolot, klasik, cerewet, sok tahu dan sebagainya. Salah jika pikiran kita sampai setega itu. Menjadi guru motivator itu tidak gampang, butuh keteladanan dan kecakapan dalam berkomunikasi. Guru motivator itu adalah guru satu-satunya yang mempunyai sifat kepedulian yang sangat tinggi terhadap murid-muridnya, guru motivator lebih pada mengarahkan, menyemangati, memberikan contoh baik, yang menginginkan anak muridnya sukses, cerdas, patuh, sopan, dihormati, dan berhasil menaklukan dunia di kemudian hari. Guru yang satu ini tidak banyak mengajar, beliau lebih banyak bicara untuk mengarahkan murid-muridnya ke jalan yang benar. Biasanya guru motivator ini mempunyai sikap sosial yang tinggi, solider, tidak perhitungan mengenai waktu, harta dan benda, beliau akan banyak waktu untuk mengarahkan, memperingati, menyemangati dan memotivasi murid-muridnya.

4. Guru Killer
Nah guru yang satu ini guru yang paling tidak disukai oleh murid-muridnya, guru ini dicap sebagai guru killer karena sikapnya seperti polisi. Guru killer biasanya bersuara lantang, galak, dan kasar. Guru macam ini tidak mempunyai banyak teman murid karena murid lebih segan dan takut untuk beradavtasi. Tapi pada dasarnya guru gaya polisi yang banyak disebut guru killer ini berjiwa besar, beliau mempunyai hati yang gampang luluh, pemaaf dan tidak pendendam, guru killer bertolak belakang dengan guru yang ada pada nomor dua.

5. Guru Mesum
Nah kawan-kawan, hati-hati dengan guru macam ini, guru mesum biasanya tampak keren, halus, sopan, dan pemuji. Biasanya guru mesum lebih banyak memuji murid daripada guru yang lain. Guru yang satu ini laksana kucing yang mengintai tikus, sabar tapi tepat waktu. Guru mesum biasanya banyak disukai oleh murid, alasannya mempunyai tampang yang keren, ganteng, atau cantik, biasanya guru mesum banyak tersebar pada sekolah tingkat atas maupun kampus.

Cara Menghadapi Guru Killer

Pada persoalan ini banyak sekali murid-murid yang mengeluh dan bertanya bagaimana sih caranya menghadapi guru killer? Jawabannya jangan dihadapi, sederhana bukan? Artinya guru killer tidak perlu dihadapi atau dilawan, dari penjelasan jenis guru nomor empat harusnya Anda sudah paham dengan apa yang harus murid lakukan. Guru killer sebenarnya akan sangat senang bila ditanya, disapa, didekati, diajak ngobrol santai, ditanya hobinya, ditanya kegiatannya sehari-hari, dan mencoba datang ke rumahnya hanya untuk berbincang-bincang ringan, saya yakin jika besok Anda bertemu dengannya di sekolah akan berbeda perlakuan terhadap Anda dibandingkan dengan kemarin.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bawa seburuk-seburuknya guru di mata murid, mungkin guru jauh lebih mulya di hadapan tuhan, segalak-galaknya guru killer jauh lebih killer orang yang telah mengkhianati Anda. Sejelek-jeleknya guru jauh lebih jelek orang yang menjelekan guru. Sehebat-hebatnya manusia adalah yang berfaedah bagi sesamanya, yaitu Guru.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghadapi Guru Killer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel