Contoh Abstrak Makalah, Skripsi, Tesis yang Baik dan Benar

Nangkring.net_ Menurut KBBI abstrak2/ab·strak/ n ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti, dalam hal ini yang dibahas adalah Abstrak Karya Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis atau Karya Ilmiah lainnya. Status Abstrak pada karya ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, dll sangatlah vital, karena Abstrak merupakan ringkasan atau ikhtisar dari karya ilmiah itu sendiri, fungsinya untuk memudahkan pembaca dalam mengkaji atau membaca karya ilmiah tersebut.

Di bawah ini merupakan contoh Abstrak Makalah, Skripsi, Tesis yang Baik dan Benar, bisa juga digunakan untuk Abstrak Skripsi, Tesis dan karya ilmiah lainnya.

Abstrak Makalah Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), kadangkala peserta didik merasa jenuh, sebab siswa dihadapkan materi-materi yang lebih banyak dikemukakan oleh guru, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar saja, hal ini menyebabkan anak merasa jenuh dan bosan. Pada akhirnya anak kurang memperhatikan, sebab metode yang lebih banyak dikembangkan oleh guru adalah metode ceramah tanpa banyak melibatkan siswa. Oleh sebab itu perlu dibangun suatu interaksi belajar yang dapat memberikan kesempatan  terhadap siswa untuk berinteraksi satu sama lain yang akan  membentuk komunitas yang memungkinkan siswa untuk mencintai proses belajar dan mencintai satu sama lain.

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PKN 

(Makalah Pada Siswa Kelas VII A SMPN 1 Wanasalam dalam Bahan Ajar Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama)

Oleh
Rohanah, M.Pd.

Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), kadangkala peserta didik merasa jenuh, sebab siswa dihadapkan materi-materi yang lebih banyak dikemukakan oleh guru, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar saja, hal ini menyebabkan anak merasa jenuh dan bosan. Pada akhirnya anak kurang memperhatikan, sebab metode yang lebih banyak dikembangkan oleh guru adalah metode ceramah tanpa banyak melibatkan siswa. Oleh sebab itu perlu dibangun suatu interaksi belajar yang dapat memberikan kesempatan  terhadap siswa untuk berinteraksi satu sama lain yang akan  membentuk komunitas yang memungkinkan siswa untuk mencintai proses belajar dan mencintai satu sama lain.

Makalah penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar PKn siswa dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMP Negeri 1 Wanasalam Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada  bulan Oktober sampai  bulan November  2015.  Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dan hasil belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas VII A  SMP Negeri 1 Wanasalam berjumlah 38 siswa terdiri  18 siswa laki-laki dan 20siswa Perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar Pkn siswa kelas VII A di SMP Negeri 1 Wanasalam Kabupaten Lebak.

***

Demikian contoh abstrak makalah, skripsi, tesis yang baik dan benar, selanjutnya jika terdapat kekurangan pada contoh abstrak makalah, skripsi, tesis yang baik dan benar ini agar bisa dimaklum dan jika ada opini dan argumentasi untuk perbaikan contoh abstrak makalah, skripsi, tesis yang baik dan benar ini kami tunggu di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Makalah, Skripsi, Tesis yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel