Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

Menurut KBBI Disintêgrasi adalah keadaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Adapun penyebab terjadinya disintegrasi bangsa adalah karena rasa tidak puas dan ketidakadilan masyarakat terhadap pemerintahan yang mengakibatkan separatisme atau pemborantakan.

Bahasan Disintegrasi Suatu Bangsa

  • Pengertian disintegrasi bangsa
  • Faktor penyebab disintegrasi
  • Faktor yang mempengaruhi disintegrasi
  • Disintegrasi yang pernah dialami di Indonesia

Disintêgrasi adalah keadaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Adapun penyebab terjadinya disintegrasi bangsa adalah karena rasa tidak puas dan ketidakadilan masyarakat terhadap pemerintahan yang mengakibatkan separatisme atau pemborantakan

Nangkring.net_ Faktor lain yang menyebabkan disintegrasi suatu bangsa seperti; ketidakpercayaan, konflik berkepanjangan, aksi protes dan demonstrasi, perang saudara pergolakan daerah, timbulnya perpecahan antar, suku dan agama, kenakalan remaja, prostitusi, kriminalitas.

Faktor yang Mempengaruhi Disintegrasi:

  1. Pertahanan Dan Keamanan: Ancaman kedaulatan bisa berasal dari dalam ataupun di luar negeri, selain sarana dan prasarana untuk pertahanan dan keamanan juga dibutuhkan rasa kesatuan di dalam masyarakat.
  2. Ekonomi: Kurangnya kesejahteraan rakyat, membuat kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan, hal ini juga disebabkan karenan kurangnya efektivitas pemerintahan dalam mengatur sistem ekspor dan impor.
  3. Politik: Politik di Indonesia kini semakin banyak masalah, mereka hanya ingin mengutamakan kepentingan partai politik mereka sendiri dibandingkan demi negara.
  4. Ideologi: Ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila, akan tetapi semakin kesini paham akan idelogi semakin memudar dan akibatnya masyarakat mudah dipengaruhi kelompok - kelompok tertentu demi kepentingan mereka pribadi.
  5. Kekayaan Alam: Kekayaan alam yang berbeda tiap pulau membuat pembangunan tiap daerah tidak merata, akibatnya akan ada perbedaan pembangunan yang cukup besar, dimana suatu kota / pulau akan sangat tinggi dan juga akan sangat rendah.
  6. Demografi: Meledaknya jumlah penduduk Indonesia dengan sumber daya manusia rendah akan menambah jumlah kemiskinan. Masyarakat yang memiliki SDM rendah ini akan mudah dipengaruhi, sehingga mereka akan merasakan ketidakadilan terhadap pemerintah yang menimbulkan gerakan separatisme.
  7. Geografi: Keadaan geografi indonesia yang memiliki banyak pulau juga merupakan salah satu penyebab Disintegrasi, ketidakmerataan pembangunan tiap pulau serta kekayaan alam yang berbeda tiap pulau akan menjadi faktor penyebab disintegrasi suatu negara.
  8. Sosial Budaya: Akibat dari keadaan geografi Indonesia yang berpulau - pulau mengakibatkan lahirnya banyak budaya yang berbeda ( suku, agama, budaya dan ras ), kurangnya toleransi di dalam masyarakat ini akan mudah terjadi konflik antar daerah.

Disintegrasi yang Pernah Dialami Indonesia:

  1. PKI Madiun pada tahun 1948 
  2. DI (Darul Islam) / TII (Negara Islam Indonesia) tahun 1947
  3. Pemberontakan Andi Azis tahun 1950
  4. APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) tahun 1950
  5. RMS (Republik Maluku Selatan) tahun 1950
  6. PERMESTA (Piagam Perjuangan Rakyat Semesta) tahun 1958
  7. PRRI (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia) tahun 1958
  8. G30S/PKI tahun 1965
 [Baca Selengkapnya]

Itulah pengertian disintegrasi suatu bangsa, faktor penyebab disintegrasi, faktor yang mempengaruhi disentegrasi dan disintegrasi yang pernah dialami di Indonesia.
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel