Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, instansi, kantor, atau tempat tertentu.

Surat lamaran pekerjaan memiliki isi dan sistematika yang agak berbeda dengan jenis surat lainnya. Isi surat lamaran pekerjaan meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan tersebut.

Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Nangkring.net_ Sedangkan sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan [Baca Selengkapnya]. Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal penulisan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, isi, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan diantaranya riwayat hidup, riwayat pekerjaan (curiculum vitae).

Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dan pasfoto. Terkdang juga instansi/lembaga juga meminta persyaratan yang lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua (tergantung permintaan / syarat untuk pelamar yang ditentukan oleh perusahaan tertentu).

Di bawah ini telah disajikan contoh hasil analisis isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan;



Setelah diidentifikasi hasil identifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan sebagai berikut:


Demikian hasil Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan ini berdasarkan sumber Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII.
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel