Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia

Nangkring.net_ Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah yang memiliki cerita masing-masing. Salah satu peninggalan sejarah yang banyak ditemukan di Indonesia adalah peninggalan Hindu Budha. Hal ini dikarenakan kedua agama ini paling tua dan yang pertama masuk ke negara Indonesia. Namun sampai saat ini belum diketahui dengan pasti kapan tepatnya agama Hindu dan Budha mulai masuk ke Indonesia akan tetapi bukti dari peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut bisa menjadi bukti bahwa kedua agama itu sudah cukup lama masuk ke Indonesia.

Di bawah ini beberapa contoh peninggalan sejarah Hindu Budha yang ada di Indonesia:

Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah yang memiliki cerita masing-masing. Salah satu peninggalan sejarah yang banyak ditemukan di Indonesia adalah peninggalan Hindu Budha. Hal ini dikarenakan kedua agama ini paling tua dan yang pertama masuk ke negara Indonesia. Namun sampai saat ini belum diketahui dengan pasti kapan tepatnya agama Hindu dan Budha mulai masuk ke Indonesia akan tetapi bukti dari peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut bisa menjadi bukti bahwa kedua agama itu sudah cukup lama masuk ke Indonesia


1. Peninggalan Sejarah dari Agama Hindu di Indonesia

Banyak sekali agama yang tersebar di Indonesia dan memiliki banyak ciri-ciri pranata sosial. Ini terbukti dari peninggalan agama tersebut yang sekarang masih membuktikan agama tersebut masih ada sampai sekarang. Peninggalan agama Hindu yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

Peninggalan Sejarah Dari Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia. Kerajaan Hindu ini berdiri pada abad ke 4 Masehi. Banyak bukti bukti yang menyatakan keberadaan kerajaan ini, salah satunya yaitu Yupa. Yupa merupakan tiang batu yang digunakan untuk mengikat hewan korban yang akan disembahkan kepada Brahmana. Yupa ini ditulis dengan bahasa Sansekerta seerta huruf Pallawa. Selain itu, masih banyak peninggalan sejarah lainnya dari Kerajaan Kutai yaitu:

  • 7 Buah Yupa
  • Arca Arca Bulus
  • Arca Batu
  • Kalung Cina dari Emas, dan lainnya.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua yang ada di Pulau Jawa yang terletak di tepi Sungai Citarum, Bogor. Kerajaan ini berdiri pada abad ke 5 Masehi. Keberadaan dari kerajaan ini ditemukan dari adanya 7 buah prasasti, yaitu antara lain adalah:
  • Prasasti Ciaruteun, ditemukan di kawasan Ciampea, Bogor. terdapat telapak kaki raja Purnawarman serta lukisan laba laba di prasasti ini.
  • Prasasti Jambu, ditemukan di sekitar bukit Koleangkak. Di prasasti ini terdapat tulisan dengan kata Tarumayam (Tarumanegara).
  • Prasasti Kebon Kopi, ditemukan di sekitar kampung Muara Hilir, Bogor. Di dalam prasasti ini terdapat lukisan telapak kakidari Airawata, Gajah kendaraan dari Dewa Wisnu.
  • Prasasti Lebak, ditemukan di kawasan Kampung Lebak, Pandeglang.
  • Prasasti Tugu, ditemukan di kawasan Desa Tugu, Cilincing, Jakarta Utara.
  • Prasasti Pasir Awi.
  • Prasasti Muara Cianten.

Peninggalan Kerajaan Kediri

Berikut ini beberapa peninggalan dari kerajaan Kediri di Indonesia:

  • Prasasti Penumpangan
  • Prasasti Talan
  • Prasasti Weleri
  • Prasasti Semandhing
  • Prasasti  Jepun
  • Prasasti Hantang
  • dan lainnya
Raja yang terkenal dari Kerajaan Kediri, pada masa pemerintahannya di tahun ke 22, membangun saluran air yang bernama Gomati dan Chadrabagha yang digunakan untuk mengairi sawah serta mencegah terjadinya banjir.

Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari ini merupakan salah satu Candi bercorak Hindu Siwa yang ada di Pulau Jawa. Lokasi dari candi ini  dekat dengan Candi Gunung Wukir, yang mana menjadi tempat prasasti Canggal ditemukan.

Berikut ini adalah bentuk ciri-ciri dari candi gunung sari yang perlu anda ketahui bentuk dan tampilannya:
  • Ciri ciri dari candi ini dapat dilihat dari ornamen, arsitektur serta bentuknya yang memang terlihat tua, bahkan lebih tua dibandingkan dengan Candi Gunung Wukir.
  • Candi ini terletak di Desa Gulon, Kec. Salam, Kab. Magelang.
Peninggalan sejarah agama Hindu masih ada selain itu yang perlu anda ketahui karena mungkin anda juga pernah mendengar nama peninggalan ini, sebagai berikut:

1. Candi Prambanan

Candi yang dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang ini memang cukup populer dengan cerita legendarisnya. Kisah Bandung Bondowoso serta Roro Jonggrang menjadi salah satu cerita sejarah yang selalu ada di buku buku cerita. Candi ini dibangun pada tahun 825 M yang terdiri dari tiga candi utama di bagian tengahnya yang menandakan sebagai persembahan pada Dewa Trimurti. Relief dari Candi Prambabanan ini berisikan cerita Ramayana. Bahkan kompleks candi Prambanan ini ditulis oleh Raffles ke dalam sebuah buku yang berjudul “History of Java”.

2. Candi Gunung Wukir

Candi Hindu ini berada di Dusun Canggal, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada tepat di Bukit Gunung Wukir yang menjadi daerah perbatasan dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Diperkirakan jika candi ini dibangun pada pemerintahan Raja Sanjaya di tahun 723M.


2. Peninggalan Sejarah Budha Di Indonesia

Selain agama Hindu yang memang pertama kali mulai mengajarkan arti agamanya. Tidak kalah, ternyata peredaran agama Buddha mulai terlihat banyak orang di Indonesia. Dan sampai sekarang agama Buddha masih dianut oleh beberapa warga negara Indonesia, selain itu dalam sejarah agama buddha ternyata banyak sekali meninggalkan beberapa peninggalan yang bersejarah sebagai berikut:

A. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Budha di Indonesia, bahkan kerajaan ini menjadi pusat penyebaran serta pengembangan agama Budha di Indonesia. Berikut ini beberapa peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya:
  • Kompleks Candi Muara Takus. Dibangun sekitar abad XI dengan pola nandalan yang menggunakan bahan batu bata. Salah satu candi yang masih kokoh dan utuh di kompleks tersebut adalah Candi Mahligai.
  • Prasasti Kedukan Bukit. Ditemukan di tepi Sunagi Talang pada tahun 1920. Isi dari prasasti ini menceritakan tentang perjalanan yang dilakukan oleh Dapunta Hiyang.
  • Prasasti Talang Tuo.
  • Prasasti Telaga Batu
  • Prasasti Kota Kapur, dan lainnya.

B. Candi Brahu

Candi ini dibangun dengan corak dan gaya Budha sekitar tahun 15 Masehi. Pembangunan candi ini ditulis ke dalam sebuah prasasti suci yaitu Prasasti Alasan yang ditemukan tidak jauh dari lokasi Candi Brahu.

Berikut keterangan dulunya tentang candi brahu yang dulunya mempunyai sejarah yang sangat unik:
  • Prasasti ini ditulis oleh Mpu Sendok sekitar tahun 861 Saka. Candi ini digunakan sebagai tempat pembakaran dari jenazah Raja Raja yang memerintah Kerajaan Brawijaya.
  • Namun penelitian menyebutkan bahwa tak ada ditemukan sedikitpun bekas abu jenazah dari bilik bilik candi.
Masih ada peninggalan sejarah dari agama Buddha yang mungkin ada sudah pernah liat dan sudah pernah anda kenal karena ini sudah cukup dikenal banyak orang sebagai berikut:

1. Candi Kalasan
Candi ini merupakan candi Budha tertua yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada 778 Masehi dengan tujuan untuk pewarisan budaya yang dipersembahkan oleh Dewi Tara. Proses pembangunan candi ini ditulis ke dalam sebuah prasasti yang dikenal dengan Prasasti Kalasan.

2. Candi Borobudur
Dapat dikatakan bahwa Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar yang ada di Indonesia. Dibangun kurang lebih sekitar 750 hingga 850 Masehi. Candi ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yang mana setiap tingkatannya dikelilingi oleh stupa serta dihiasi oleh relief. Puncak dari candi ini berupa stupa yang berukuran besar.

3. Candi Sewu
Candi Budha ini berada di dalam kompleks Candi prambanan. Diperkirakan dibangun sekitar 746 – 784 M pada masa Raja Panangkaran. Candi Sewu ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno. Dapat dikatakan jika candi ini merupakan candi terbesar kedua yang ada di Indonesia.

4. Candi Mendut
Candi ini merupakan candi yang berlatar belakang corak Budha yang berada di Desa Mendut, Kabupaten Magelng. Bangunan suci ini dibangun saat masa pemerintahan Raja Indra yang berasal dari Dinasti Syailendra sekitar tahun 824 M. 

Demikian Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia, dengan uraian di atas semoga kita lebih bisa mengenal, lebih mencitai tanah air, dan melestarikan Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel