Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor

Catatan wali kelas merupakan deskripsi penilaian secara keseluruhan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap sosial, sikap religius, maupun tingkah laku sehari-hari siswa atau peserta didik selama di kelas dan di sekolah.
Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor; Kurikulum 2013  mempunyai banyak hal yang menarik untuk diceritakan, terutama dalam mekanisme penilaian. Selain kurikulum yang terbaru di Indonesia, kurikulum 2013 atau lebih akrab disebut K-13 juga mempunyai tata cara penilaian yang unik dan sedikit merepotkan bagi pemula.

Dalam hal ini saya fokus membahas mengenai tata cara pengisian catatan wali kelas yang terdapat pada kolom e-rapor kurikulum 2013 yang seyogyanya harus diisi dengan kata-kata atau bahasa yang positif dengan tujuan agar siswa dan wali siswa tersebut dapat memahami kesimpulan penilaian guru dan wali kelas selama 1 semester.

Catatan wali kelas merupakan deskripsi penilaian secara keseluruhan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap sosial, sikap religius, maupun tingkah laku sehari-hari siswa atau peserta didik selama di kelas dan di sekolah. Baca juga Contoh Catatan Wali Kelas SMA untuk Pengisian eRapor Kurikulum 2013

Di bawah ini merupakan beberapa contoh catatan wali kelas untuk pengisian kolom catatan wali kelas pada e-rapor kurikulum 2013.

Download RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Berprestasi
  • Pertahankan prestasi yang dimilki. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. Saya menghargaimu!
  • Ananda Zada, selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, saya harap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya !
  • Ananda Zamy, pada semester ini kamu telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut kamu layak menjadi juara kelas, dengan menjadi juara kelas, Ibu harap kamu bisa mempertahankan prestasi tersebut.

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengurus Kelas Aktif
  • Pertahankan kemampuan yang dimilki dan tingkatkan intensitas belajarmu. Semangatmu dalam belajar dan seringnya berkoordiasi dengan wali kelas menunjukkan sikap yang positif. Saya menghargaimu!
  • Ananda Santi, sikapmu yang kooperatif dengan wali kelas dan guru menunjukkan bahwa kamu piawai dalam berkomunikasi, serta aktif dalam berorganisasi di sekolah, untuk itu kamu berhak mendapatkan gelar sebagai Siswa Teraktif pada tahun ini, terlebih nilai pengetahuan akademikmu juga meningkat. Harap pertahankan dengan baik ya, ini pencapaian luar biasamu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengurus Kelas Kurang Aktif
  • Harap pertahankan kemampuan yang dimiliki, belajar lebih giat lagi agar prestasimu meningkat dan tingkatkan koordinasi dengan wali kelas mengenai kelas yang kamu pimpin. Saya menghargaimu!
  • Teruslah berkomunikasi dengan guru dan wali kelasmu, kejarlah perubahan yang baik untukmu dan keluargamu, serta tingkatkan waktu belajarmu di rumah. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Kurang Aktif dalam Mengerjakan Tugas
  • Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Saya menghargaimu!
  • Kerjakanlah setiap tugas yang diberikan gurumu, patuh, rajin dan disiplin mencerminkan bahwa kamu benar-benar menginginkan perubahan yang baik, gurumu menyayangimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Kurang Aktif dalam Mengerjakan Tugas dan Tidak Rapi Berpakaian
  • Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugasmu jika dalam berkelompok, serta perhatikan kerapihanmu dalam berpakaian. Saya menghargaimu!
  • Banyaklah bertanya kepada gurumu di kelas terkait mata pelajaran dan permasalahan kehidupan sehari-hari, juga kerjakanlah setiap tugas yang diberikan oleh gurumu, dan kamu akan lebih keren jika pakaianmu terlihat rapi dan bersih. Ibu menyayangimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Sering Tidak Masuk Sekolah dan Sering Sakit
  • Tunjukkanlah semangatmu dalam berlajar dan jagalah kesehatan agar kegiatan belajar mengajar dapat kamu ikuti dengan baik. Saya menghargaimu!
  • Ananda Sherly, Ibu guru dan teman-teman selalu menunggumu di sekolah, kami merindukan kamu untuk setiap hari ke sekolah. Semangatlah dalam belajar, kami ada untuk kamu. Ibu menyayangimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Kurang Aktif dalam Pembelajaran di Kelas
  • Tingkatkan intensitas belajarmu, serta belajarlah menjadi siswa yang lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Saya menghargaimu!
  • Bertanyalah kepada bapak dan ibu guru di kelas, kami yakin kamu mempunyai pertanyaan yang sangat bagus, kami juga yakin bahwa kamu mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, ayo tunjukannlah kepada kami semua, bahwa kamu benar-benar siswa yang mengagumkan!
Itulah contoh-contoh catatan wali kelas dengan menggunakan bahasa yang efektif dan terhindar dari kata dan kalimat negatif bagi siswa atau peserta didik. Semoga contoh catatan wali kelas ini dapat membantu Bapak atau Ibu wali kelas untuk mengisi kolom catatan wali kelas pada erapor kurikulum 2013. Baca juga PKG | Penilaian Kinerja Guru
LihatTutupKomentar

12 Komentar

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel