Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor

Catatan wali kelas merupakan deskripsi penilaian secara keseluruhan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap sosial, sikap religius, maupun tingkah laku sehari-hari siswa atau peserta didik selama di kelas dan di sekolah.

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor; Kurikulum 2013  mempunyai banyak hal yang menarik untuk diceritakan, terutama dalam mekanisme penilaian. Selain kurikulum yang terbaru di Indonesia, kurikulum 2013 atau lebih akrab disebut K-13 juga mempunyai tata cara penilaian yang unik dan sedikit merepotkan bagi pemula.

Dalam hal ini saya fokus membahas mengenai tata cara pengisian catatan wali kelas yang terdapat pada kolom e-rapor kurikulum 2013 yang seyogyanya harus diisi dengan kata-kata atau bahasa yang positif dengan tujuan agar siswa dan wali siswa tersebut dapat memahami kesimpulan penilaian guru dan wali kelas selama 1 semester.

Catatan wali kelas merupakan deskripsi penilaian secara keseluruhan, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap sosial, sikap religius, maupun tingkah laku sehari-hari siswa atau peserta didik selama di kelas dan di sekolah. Baca juga Downlaod SKP Terbaru | Sasaran Kerja Pegawai

Di bawah ini merupakan beberapa contoh catatan wali kelas untuk pengisian kolom catatan wali kelas pada e-rapor kurikulum 2013.

Download RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Berprestasi
  • Pertahankan prestasi yang dimilki. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengurus Kelas Aktif
  • Pertahankan kemampuan yang dimilki dan tingkatkan intensitas belajarmu. Semangatmu dalam belajar dan seringnya berkoordiasi dengan wali kelas menunjukkan sikap yang positif. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengurus Kelas Kurang Aktif
  • Harap pertahankan kemampuan yang dimiliki, belajar lebih giat lagi agar prestasimu meningkat dan tingkatkan koordinasi dengan wali kelas mengenai kelas yang kamu pimpin. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Kurang Aktif dalam Mengerjakan Tugas
  • Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa Kurang Aktif dalam Mengerjakan Tugas dan Tidak Rapi Berpakaian
  • Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugasmu jika dalam berkelompok, serta perhatikan kerapihanmu dalam berpakaian. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Sering Tidak Masuk Sekolah dan Sering Sakit
  • Tunjukkanlah semangatmu dalam berlajar dan jagalah kesehatan agar kegiatan belajar mengajar dapat kamu ikuti dengan baik. Saya menghargaimu!

Contoh Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Kurang Aktif dalam Pembelajaran di Kelas
  • Tingkatkan intensitas belajarmu, serta belajarlah menjadi siswa yang lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Saya menghargaimu!
Downlaod SKP terbaru | Sasaran Kerja Pegawai
Itulah contoh-contoh catatan wali kelas dengan menggunakan bahasa yang efektif dan terhindar dari kata dan kalimat negatif bagi siswa atau peserta didik. Semoga contoh catatan wali kelas ini dapat membantu Bapak atau Ibu wali kelas untuk mengisi kolom catatan wali kelas pada erapor kurikulum 2013. Baca juga PKG | Penilaian Kinerja Guru

12 Komentar untuk "Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor"

  1. Sangat membantu, makasih ya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sangat berguna banget!

    BalasHapus
  3. Mantap, ini yang aku cari-cari selama ini. eee ternyata sembunyi di sini. makasih yaaaaa

    BalasHapus
  4. Kenapa ya di sekolah anak saya tidak perna di isi catatan pengembangan diri sama wali kelas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tidak tahu, mungkin juga karena malas ngisi.

      Hapus
  5. Makasih minn amat sangat membantu... kedepan moga lebih bnyak lagi ya pilihanny biar bnyk pula pilihan kata yang bsa dipilih lalu di pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan terima kasih atas sarannya, ke depan akan kami perbaiki.

      Hapus
  6. sangat membantu sekalio, terimaksih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel