Laporan Pengembangan Diri PKB Terbaru

Laporan Pengembangan Diri PKB Terbaru

Unduh laporan pengembangan diri PKB

Laporan Pengembangan Diri PKB

Dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenneg PAN dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 sebagai penyempurnaan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Kepmenneg PAN) Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka guru mendapatkan kesempatan lebih besar agar lebih profesional. Tuntutan guru mewujudkannya melalui kegiatan pengembangan profesi yang sekarang disebut sebagai pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai  dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Kewajiban guru melakukan kegiatan PKB sekarang mulai dari guru golongan III/a yaitu dengan mengikuti diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru yang dapat meningkatkan kompetensi mereka. Berbeda dengan sebelumnya, di mana guru diwajibkan melakukan mulai dari golongan IV/a dengan mengumpulkan angka kredit senilai 12 dari kegiatan penelitian. Implikasi dari penetapan ini maka banyak guru yang “parkir” pada posisi IV/a. Mereka tidak dapat menulis sesuai dengan harapan karena tidak dipersiapkan dan mempersiapkan diri dengan bekal penulisan karya ilmiah dan muatan pengetahuan serta keterampilan memadai yang diperlukan. Baca juga dan unduh Dupak Terbaru Lengkap | Usulan Kenaikan Pangkat

Laporan Pengembangan Diri PKB guru terdiri atas 3 (tiga) kelompok kegiatan, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Kegiatan pengembangan diri bertujuan untuk meningkatkan kompetensi “apa”. Kegiatan publikasi ilmiah untuk memenuhi kegiatan memperbaiki proses pembelajaran, dan kegiatan karya inovatif bertujuan untuk menerapkan kompetensi sehubungan dengan penggunaan media dan atau alat dalam pembelajaran.Porsi ketiga kegiatan bervariasi pada masing-masing jenjang kepangkatan guru. Harapan para pengambil kebijakan adalah guru dapat mulai mengembangkan profesi dari guru golongan III/a. Jika guru telah dibiasakan melakukan sejak dini, maka guru profesional lebih mudah diwujudkan. Kegiatan PKB meningkat sesuai dengan jenjang kepangkatan. Semakin tinggi jenjang kepangkatan guru, maka semakin besar pula tuntutan kepada guru tersebut mengikuti kegiatan pengembangan diri. Selain itu, untuk kegiatan publikasi ilmiah dan karya inovatif, tuntutan melakukannya yang meliputi macam dan lingkup  juga semakin tinggi.

Laporan Pengembangan Diri PKB Guru profesional adalah sebuah keniscayaan untuk diwujudkan. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Agar berhasil melakukan tugas-tugas tersebut, diharapkan guru memiliki modal kemampuan agar dapat mewujudkannya.

Laporan Pengembangan Diri PKB atau kegiatan PKB berdasarkan Permenneg PAN & RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya merupakan salah satu unsur utama yang diberikan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Guru yang profesional adalah guru yang dapat menunjukkan pencapaian angka kredit yang memenuhi untuk setiap jenjangnya. Dengan demikian kedudukan guru profesional ekivalen dengan pencapaian pangkat yang diperolehnya.

Unduh Laporan Pengembangan Diri PKB  Lengkap

Di bawah ini terdapat file Laporan Pengembangan Diri PKB, Lampiran Surat Pengantar, Lampiran Surat Tugas, dan Lampiran Surat Rekomendasi Pengawas Bina yang dapat kamu unduh untuk urusan kenaikan pangkat kamu. 

Demikian bahasan Laporan Pengembangan Diri PKB yang dapat kami suguhkan, semoga bermanfaat untuk menunjang karir kamu di masa mendatang. Baca juga dan Downlaod SKP terbaru | Sasaran Kerja Pegawai
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel