Pemerolehan Bahasa Anak di Indonesia

Pemerolehan bahasa adalah proses yang digunakan oleh anak-anak dalam memiliki kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan, yang berlangsung secara alami, dalam situasi formal, spontan, dan terjadi dalam konteks berbahasa yang bermakna bagi anak

Pemerolehan Bahasa Anak di Indonesia: Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pemerolehan bahasa anak tentu sangat berkaitan erat dengan lingkungan anak sehari-hari, baik dari keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Pada artikel ini saya mencoba menyajikan resume materi Pemerolehan Bahasa Anak yang sengaja saya susun agar pembaca setidaknya dapat memahami proses pemerolehan bahasa anak. Baca juga alasan lengkap mengenai Pemerolehan Bahasa Anak.

Pemerolehan Bahasa Anak

Pemerolehan bahasa adalah proses yang digunakan oleh anak-anak dalam memiliki kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan, yang berlangsung secara alami, dalam situasi formal, spontan, dan terjadi dalam konteks berbahasa yang bermakna bagi anak.

Posisi bahasa Indonesia dalam pemerolehan bahasa bagi anak Indonesia akan ditemukan bahwa ada anak yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama dan ada pula menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Anak yang bahasa pertamanya bahasa Indonesia bila anak dibesarkan oleh orang tua yang hanya menguasai bahasa Indonesia, orang tua yang berasal dari bahasa daerah yang berlainan, lingkungan masyarakat sekitar menggunkan bahasa daerah yang tidak dikuasai, dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang berbahasa daerah. Anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang menggunkan bahasa daerah sebagai media komunikasi kesehariannya, kemungkinan besar anak itu bahasa pertamanya adalah bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya.

Pemerolehan bahasa juga dapat terjadi secara serempak dua bahasa dan secara berurutan. Pemerolehan secara serempak dua bahasa terjadi pada anak yang dibesarkan dalam masyarakat bilingual (menggunakan dua bahasa dalam berkomunikasi) atau dalam masyarakat multilingual (menggunakan lebih dari dua bahasa). Sedangkan pemerolehan berurut dua bahasa terjadi bila anak menguasai dua bahasa dalam rentang waktu yang relatif berjauhan.

Kemampuan berbahasa anak tidak diperoleh secara tiba-tiba atau sekaligus, tetapi bertahap. Kemajuan berbahasa mereka berjalan seiring dengan perkembangan fisik, mental, intelektual, dan sosial. Perkembangan bahasa anak ditandai oleh keseimbangan dinamis atau suatu rangkaian kesatuan yang bergerak dari bunyibunyi atau ucapan yang sederhana menuju tuturan yang lebih kompleks.

Tahapan perkembangan bahasa anak dapat dibagi atas: 

  1. tahap pralinguistik, 
  2. tahap satu-kata, 
  3. tahap dua-kata, dan 
  4. tahap banyak-kata. 


Fase/tahapan perkembangan bahasa menurut Ross dan Roe adalah: 

  1. fase fonologis, 
  2. fase sitaksis, dan 
  3. fase semantik. 

Baca Juga: Perkembangan Bahasa Anak

Seiring dengan perkembangan bahasa, berkembang pula penguasaan anak-anak atas sistem bahasa yang dipelajarinya. Sistem bahasa itu terdiri atas subsistem, yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik.

0 Response to "Pemerolehan Bahasa Anak di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel