Manfaat Biologi Dalam Bidang Perikanan


Manfaat Biologi Dalam Bidang Perikanan: Ketika kamu ngobrol dengan bapak kamu, pernahkah kamu berpikir, kenapa ya saya mirip dengan bapak? Untuk menjawab pertanyaan itu kamu bisa mencari banyak referensi dari berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah ilmu biologi. Biologi mempelajari hereditas dan genetik yang tentu saja berkaitan dengan sifat-sifat yang diturunkan oleh makhluk hidup. Dan hal tersebut tidak hanya berlaku untuk manusia, tetapi juga untuk bidang perikanan dan lainnya. Baca juga artikel Manfaat Biologi Dalam Bidang Industri

Pengertian Biologi

Secara ringkas pengertian biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan berbagai proses vital yang dialami makhluk hidup. Ilmu ini mencakup makhluk hidup paling sederhana seperti protoza, hingga makhluk hidup yang kompleks seperti manusia. Bayangkan saja cakupan ilmu ini. Ada lebih sekitar 4 juta jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Oleh karena cakupan ilmu biologi ini masih begitu luas, ilmu ini kemudian dipecah menjadi berbagai cabang disiplin ilmu. Contohnya botani, mempelajari tanaman. Zoologi, mempelajari hewan. Virologi, cabang ilmu biologi yang mempelajari virus, biologi sel memepelajari tentang sel, entomologi memepelajari tentang serangga, dan lain sebagainya. Tak hanya memepelajari makhluk hidup secara parsial, biologi juga mempelajari interaksi antara jenis-jenis makhluk hidup termasuk interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya (termasuk benda mati).

Pengertian Perikanan 

Pengertian Perikanan Menurut UU Nomor 45 Tahun 2009, Perikanan adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan proses pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.

Dari pengertian perikanan yang diungkapkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan atau berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya laut untuk kegiatan produksi.

Menurut Lacket perikanan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa sifat antara lain :
  1. Perikanan berdasarkan jenis lingkungan. Contohnya : perikanan air tawar, laut, danau, sungai dan bendungan.
  2. Perikanan berdasarkan metode pemanenan. Contohnya : perikanan trawl, dipnet, purse seine dan lain sebagainya.
  3. Perikanan berdasarkan jenis akses yang diizinkan. Contohnya : perikanan akses terbuka, perikanan akses terbuka dengan regulasi dan perikanan dengan akses terbatas.
  4. Perikanan berdasarkan concern organisme. Cotohnya : perikanan salmon, udang, kepiting, tuna.
  5. Perikanan berdasarkan tujuan penangkapan. Contohnya : perikanan komersial, subsisten, perikanan rekreasi.
  6. Perikanan berdasarkan derajat kealaman dari hewan target : total dari alam, semi budi daya atau total budi daya.


Manfaat Biologi Dalam Bidang Perikanan

Ikan, baik ikan yang hidup di air tawar maupun yang hidup di laut, merupakan organisme air yang dapat dimanfaatkan manusia sebagai salah satu bahan pangan, karena diketahui kandungan proteinnya sangat tinggi. Selain itu, ikan-ikan yang bentuk ataupun permukaan tubuhnya tampak menarik dapat dijadikan hiasan dalam sebuah akuarium.

Adapun pemanfaatan Biologi dalam bidang perikanan tampak antara lain dalam upaya pembudidayaan ikan, juga dalam usaha pelestarian ekosistem perairannya. Pembudidayaan ikan yang telah banyak dilakukan yakni dalam:
  • pembuatan tambak-tambak, karamba jala apung (kajapung), maupun rumpon, serta
  • pelestarian terumbu karang, mangrove, hutan bakau, dan lamun.

Pada tambak-tambak, usaha pembudidayaan ikan-ikan yang diketahui bernilai gizi tinggi atau yang bernilai ekonomis adalah dengan dilakukannya pemijahan. Dengan teknik pemijahan dalam tambak-tambak, spermatozoa dan sel telur dari ikan jantan dan ikan betina, dapat dengan mudah bertemu menjadi zigot, tanpa harus terganggu oleh arus air laut. Selain itu telur-telur yang dihasilkan juga akan terhindar dari para pemangsa/predatornya, sehingga besar kemungkinannya telur-telur itu akan menetas dan menjadi ikan. Contoh pemanfaatan Biologi lainnya dalam bidang ini adalah dengan diketemukannya manfaat daun singkong yang ternyata dapat dijadikan pakan tambahan bagi ikan nila merah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan tersebut.

Melalui penelitian-penelitian dalam bidang Biologi juga diketahui bahwa manfaat hutan bakau, mangrove, serta lamun adalah penting dalam ekosistem pantai. Selain berperan sebagai produsen, ketiga macam ekosistem tersebut diketahui juga memiliki fungsi fisik. Fungsi fisik tersebut adalah; dengan adanya hutan bakau, mangrove dan lamun, energi hempasan gelombang laut yang masuk ke pantai dapat tertahan atau berkurang, dengan demikian dapat mencegah abrasi (erosi daratan akibat pasang surut air laut). Selain itu, ketiga jenis ekosistem pantai tersebut diketahui berperan sebagai penyaring sedimen/lumpur dari daratan, hal ini sangatlah penting bagi ekosistem terumbu karang, karena terumbu karang memerlukan perairan yang jernih.

Demikian uraian mengenai Manfaat Biologi Dalam Bidang Perikanan, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Biologi Dalam Bidang Pertanian.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Biologi Dalam Bidang Perikanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel