Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan

Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan - Apakah kamu tahu bahwa Aceh – Indonesia mempunyai gaun pengantin adat yang elagan? Pernahkah kamu melihat atau menghadiri resepsi pernikahan yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh? Ternyata pernikahan  adat Aceh yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh ini sangat menarik sekali, selain Gaun atau gaun pengantin adat dan juga pelaminan yang terlihat mewah, rangkaian adatnya juga padat. Uniknya Gaun Pengantin Pada Pernikahan Adat Aceh sangat memukau dan mencuri perhatian baik di dalam negeri maupun luar negeri. Aceh yang dikenal sebagai kota serambi Mekah ini ternyata menyimpan pesona adat yang tak kalah dengan adat lainnya. Dengan Gaun adat yang khas dan pelaminan yang mewah berhasil membuat siapa saja calon pengantinnya terlihat menakjubkan dan mempesona.

Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan -
Apakah kamu tahu bahwa Aceh – Indonesia mempunyai gaun pengantin adat yang elagan? Pernahkah kamu melihat atau menghadiri resepsi pernikahan yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh? Ternyata pernikahan  adat Aceh yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh ini sangat menarik sekali, selain Gaun atau gaun pengantin adat dan juga pelaminan yang terlihat mewah, rangkaian adatnya juga padat.

Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan

Uniknya Gaun Pengantin Pada Pernikahan Adat Aceh sangat memukau dan mencuri perhatian baik di dalam negeri maupun luar negeri. Aceh yang dikenal sebagai kota serambi Mekah ini ternyata menyimpan pesona adat yang tak kalah dengan adat lainnya. Dengan Gaun adat yang khas dan pelaminan yang mewah berhasil membuat siapa saja calon pengantinnya terlihat menakjubkan dan mempesona.

Gaun Pengantin Wanita Adat Aceh

Saat melihat gaun pernikahan adat Aceh ini rasanya mirip dengan gaun wanita yang digunakan pada pernikahan kerajaan zaman dahulu di Indonesia. Tenyata paduan gaun pernikahan adat Aceh ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Samudra Pasai-Indonesia.

Nuansa mewah dan elegan yang terlihat berpadu dengan nilai-nilai islami yang merupakan khas dari kota yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini. Di beberapa daerah lain di Indonesia memiliki gaun adat yang membentuk tubuh, maka gaun adat Aceh untuk mempelai wanita dibuat dengan ukuran yang longgar atau tidak membentuk lekukan tubuh. Hal ini dikarenakan nila budaya Aceh yang identik menjunjung tinggi nilai Islami.

Keunikan dari gaun pernikahan adat Aceh ini adalah sang mempelai wanita mengunakan baju kurung yang dipadukan dengan kain songket dan juga celana panjang. Celana panjang yang dipadukan dengan kain sulam sejenis songket menutupi sebagian baju kurung dan celana. Dapat dikatakan bahwa hanya Gaun pernikahan adat Aceh yang memadukan celana panjang dalam gaun pengantin wanitanya. Celana panjang yang dipakai biasa disebut dengan Seluweue Meutunjong, yang kemudian ditutupi dengan kain songket yang umumnya bermotif taburan bunga, karakter daun, dan juga pucuk rebung bambu.

Gaun yang nampak mewah ini kemudian dilengkapi dengan sejumlah aksesoris yang melekat pada Gaun sang pengantin wanita. Dimulai dari hiasan kepala sejenis Suntiang (perhiasan kepala bertingkat berwarna keemasan), ditambah lagi dengan perhiasan pendukung, seperti kalung, gelang, ikat pinggang, dan juga perhiasan simpul yang merupakan hiasan yang melingkar di pundak dan menyilang hingga pada bagian dada. Semua aksesoris pengantin wanita ini umumnya berwarna keemasan dan perak. Semua perhiasan ini terlihat seperti menegaskan kesan mewah dan elegan kebangsawanan.

Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan - Apakah kamu tahu bahwa Aceh – Indonesia mempunyai gaun pengantin adat yang elagan? Pernahkah kamu melihat atau menghadiri resepsi pernikahan yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh? Ternyata pernikahan  adat Aceh yang menggunakan gaun pengantin adat Aceh ini sangat menarik sekali, selain Gaun atau gaun pengantin adat dan juga pelaminan yang terlihat mewah, rangkaian adatnya juga padat.

Gaun Pengantin Pria Adat Aceh

Sedangkan untuk tampilan gaun pernikahan adat Aceh sang pengantin pria terlihat lebih simpel namun tidak mengurangi kesan gagah seperti raja-raja Aceh. Sang pria biasanya mengenakan baju lengan panjang (bajee), celana panjang hitam (siluweuwe) yang berpadu dengan kain songket Aceh, dan juga kopiah (kupiah meukuetob). Jika kamu pernah melihat tampilan pengantin pria yang menggunakan adat Aceh, maka kamu akan terfokus pada kopiah yang digunakan. Kopiah yang berbentuk khas ini merupakan (kupiah meukuetob).

Meukuetob merupakan kopiah atau penutup kepala yang menyerupai mahkota, meukuetob tradisional Aceh yang disebut juga topi Teuku Umar yang merupakan pahlawan nasional dari Aceh, karena beliau sering menggunakan topi ini. Kopiah Meukutop yang terbuat dari kain songket Aceh dan dari hiasan khas Aceh lainnya. Jika dilihat sekilas bentuknya mirip dengan topi bangsa Turki, karena konon dahulu kala Raja Sultan Iskandar Muda pernah melakukan hubungan kebudayaan dengan bangsa Turki. Faktanya sampai saat ini kopiah ini menjadi ciri khas dan juga aksesoris tampilan pernikahan adat Aceh untuk pengantin pria.

Demikian artikel Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan ini ditulis, semoga dapat menjadi bahan referensi bagi kamu yang akan melangsungkan pernikahan dengan pasangan kamu. Dengan menggunakan Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan kamu akan terlihat menawan di pelaminan. Baca juga artikel Busana Pengantin Trandisional Adat Bali Yang Memukau

2 Responses to "Gaun Pengantin Adat Aceh Yang Elegan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel