Manfaat Membaca Dalam Kehidupan

Manfaat Membaca - Tentu ada banyak sekali manfaat yang dapat dipetik seseorang dari kegiatan membaca, yang paling umum, manfaat membaca yang dapat dirasakan ketika membaca buku adalah dapat belajar dari pengalaman orang lain atau dapat menambah pengetahuan. Manfaat khusus dari kegiatan membaca adalah bahwa orang yang rajin membaca buku dapat terhindar dari kerusakan jaringan otak di masa tua. Hal ini menurut riset mutakhir bahwa membaca buku dapat membantu seseorang untuk menumbuhkan syaraf-syaraf baru di otak.

Manfaat Membaca - Tentu ada banyak sekali manfaat yang dapat dipetik seseorang dari kegiatan membaca, yang paling umum, manfaat membaca yang dapat dirasakan ketika membaca buku adalah dapat belajar dari pengalaman orang lain atau dapat menambah pengetahuan. Manfaat khusus dari kegiatan membaca adalah bahwa orang yang rajin membaca buku dapat terhindar dari kerusakan jaringan otak di masa tua. Hal ini menurut riset mutakhir bahwa membaca buku dapat membantu seseorang untuk menumbuhkan syaraf-syaraf baru di otak. Baca juga bahasan materi sebelumnya mengenai Jenis-Jenis Membaca

Manfaat Membaca

Adapun manfaat membaca pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca menambah kosakata dan pengetahuan akan tatabahasa dan sintaksis yang lebih penting lagi, membaca memperkenalkan pada banyak ragam lingkungan kreatif, sehingga mempertajam kepekaan linguistik dan kemampuan menyatakan perasaan. 
  2. Membaca buku secara langsung dapat membantu mengalami perasaan dan pemikiran yang paling dalam. Banyak buku dan artikel yang mengajak untuk berintropeksi dan melontarkan pertanyaan serius mengenai perasan nilai dan hubungan dengan orang lain. Dengan begitu, secara tak langsung turut memperkembangkan kecerdasan interpersonal, mendesak untuk merenungkan kehidupan dan mempertimbangkan kembali keputusan-keputusan akan cita-cita hidup.  
  3. Membaca memicu imajinasi, buku yang baik mengajarkan untuk membayangkan dunia beserta isinya, lengkap dengan segala kejadian, lokasi dan karakternya. Bayangan yang terkumpul dari tiap buku atau artikel ini melekat dalam pikiran, dan sering waktu berlalu, membangun sebuah bentang jaringan ide dan perasaan yang menjadi dasar metafora yang ditulis, gambar yang dibuat, bahkan tulisan yang ditulis. 
  4. Membaca bahan bacaan umumnya “memaksa” nalar, pengurutan keteraturan dan pemikiran logis untuk dapat mengikuti jalan cerita atau memecahkan suatu misteri. Dengan demikian, akan semakin memperkukuh kecerdasan matematis logis yang dimiliki.  

Selain itu, kegiatan membaca mendatangkan berbagai manfaat berikut ini. (1) Memperoleh banyak pengalaman hidup. (2) Memperoleh pengetahuan umum dan berbagai informasi tertentu yang sangat berguna bagi kehidupan. (3) Mengetahui berbagai peristiwa besar dalam peradaban dan kebudayaan suatu bangsa. (4) Dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir di dunia. (5) Dapat mengayakan batin, memperluas cakrawala pandang dan piker, meningkatkan taraf hidup, dan budaya keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa. (6) Dapat memecahkan berbagai masalah kehidupan, dapat mengantarkan seseorang menjadi cerdik dan pandai. (7) Dapat memperkaya perbedaan kata, ungkapan, istilah, dll yang sangat menunjang keterampilan menyimak, berbicara dan menulis. (8) Mempertinggi potensialitas setiap pribadi dan mempermantap desistensi (Amir, 1996:6).

Demikian besar manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan membaca. Emerson, seorang filosof kenamaan yang mengharapkan setiap orang (termasuk pelajar) dapat membiasakan diri sebagai pembaca yang baik. Dengan kebiasaan itu seseorang dapat menimba berbagai pengalaman dan pengetahuan, moral, peradaban, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi dapat sampai pada tingkat perkembangannya yang sekarang ini merupakan akibat langsung dari pembacaan buku-buku besar.

Hal di atas dipertegas lagi oleh Lin Yut 'ang seorang filosof terkenal Cina yang menyatakan bahwa orang yang tidak mempunyai kebiasaan membaca yang baik, akan terpenjara dalam dunianya, baik dalam segi waktu dan ruang. Hal ini berarti ia hanya dapat mengetahui hal-hal yang terjadi pada lingkungan dekatnya dan hanya berhubungan dengan orang-orang tertentu saja. Dengan demikian semakin aktif seseorang membaca maka akan semakin tinggi pengetahuan yang didapatkan, tidak terpenjara dalam dunianya.

Demikian pembahasan materi Manfaat Membaca ini diulas, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai manfaat membaca dan dapat menambah motivasi kita semua untuk terus membudayakan literasi atau membaca. Baca juga pembahasan Materi Tujuan Membaca
Sekedar Informasi
Baca dengan teliti, hindari copy paste. Jika artikel pada blog ini menjadi referensi silakan cantumkan sumber "nangkring.net".
Kamu dapat mengirimkan request artikel ke email: nangkringblog@gmail.com

0 Response to "Manfaat Membaca Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel