Contoh Janji Siswa Dalam Upacara Bendera

Janji Siswa yang sering kita dengar dalam setiap upacara bendera yang dibacakan oleh salah satu siswa yang mewakili seluruh siswa dengan maksud mengingatkan seluruh siswa agar komitmen dengan tujuan siswa bersekolah. Tentu saja janji siswa ini hendaknya tidak hanya sekedar diucapkan saja, tetapi dapat diimplementasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungannya.

Janji Siswa Dalam Upacara Bendera - Janji Siswa yang sering kita dengar dalam setiap upacara bendera yang dibacakan oleh salah satu siswa yang mewakili seluruh siswa dengan maksud mengingatkan seluruh siswa agar komitmen dengan tujuan siswa bersekolah. Tentu saja janji siswa ini hendaknya tidak hanya sekedar diucapkan saja, tetapi dapat diimplementasikan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungannya.

Seperti dalam butir pertama dalam naskah janji siswa “Taqwa terhadap tuhan yang maha esa, abdi terhadap tanah air dan bangsa dan setia kepada Undang-Undang Dasar 1945” mempunyai makna bahwa siswa sebagai manusia yang berketuhanan harus bertaqwa terhadap tuhan sebagai keyakinannya masing-masing dan dapat menjadi abdi negara yang berarti jiwa dan raganya diabdikan hanya untuk negara Indonesia, bersedia membela dan menjaga NKRI, serta dapat menjunjung tinggi dan patuh terhadap peraturan yang disebut dengan undang-undang dasar 1945. Sehingga nantinya akan menjadi manusia yang patuh dan disiplin terhadap segala ketentuan dan aturan yang ada di negara ini. Baca juga Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor

Kedua “Adab terhadap orang tua dan hormat terhadap guru serta menjunjung tinggi derajat dan martabat sekolah” merupakan bunyi naskah janji siswa pada butir kedua yang mempunyai arti bahwa adab siswa terhadap orang tua dan guru harus dijaga dan dijunjung tinggi, karena atas jasa-jasanya yang tak dapat dibayar dengan apapun.

 “Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa” merupakan janji siswa siswa yang terdapat pada butir ketiga pada naskah janji siswa yang berarti siswa harus mengedapankan kesungguhan dalam belajar selama di sekolah dan di rumah untuk menggapai masa depan yang gemilang dan dapat menjadi aset negara sebagai wujud pembuktian bahwa siswa pernah didik dan belajar selama bertahun-tahun di sekolah.

Butir keempat pada naskah janji siswa yakni “Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan” Nah kawan, untuk mengimplementasikan janji siswa yang keempat ini berkaitan erat dengan janji siswa yang ketiga, tanpa mengimplementasikan janji siswa yang ketiga kamu tidak akan bisa masuk ke dalam janji siswa yang keempat.

Sedangkan bunyi janji siswa yang terakhir adalah “Menjadi warga masyarakat yang baik dan pemuda Indonesia yang bertanggungjawab” Hal ini dimaksud agar siswa dapat menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter baik dan bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang dialaminya. Pemuda hendaknya memilki sifat yang berani bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang diambilnya. Baca juga Cara Menghadapi Guru Killer

Contoh Janji Siswa Dalam Upacara Bendera

SATU :
  • Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
  • Abdi terhadap tanah air dan bangsa,
  • Setia kepada Undang-Undang Dasar 1945.

DUA :
  • Adab terhadap orang tua,
  • Hormat terhadap guru serta menjunjung tinggi derajat dan martabat sekolah.

TIGA :
  • Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa.

EMPAT:
  • Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan.

LIMA :
  • Menjadi warga masyarakat yang baik dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab.

Demikian Contoh Janji Siswa Dalam Upacara Bendera ini diuraikan dengan singkat, semoga bermanfaat dan dapat menjadi siswa yang yang tertera dalam naskah janji siswa ini. Baca juga 6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting
Sekedar Informasi
Baca dengan teliti, hindari copy paste. Jika artikel pada blog ini menjadi referensi silakan cantumkan sumber "nangkring.net".
Kamu dapat mengirimkan request artikel ke email: nangkringblog@gmail.com

0 Response to "Contoh Janji Siswa Dalam Upacara Bendera "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel