6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting

6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting

Peran wali kelas yang paling penting ini sangat berpengaruh besar terhadap proses pendidikan pada tingkat dasar, misalnya SD dan SMP.  Peran wali kelas sangat dominan dalam memotivasi belajar siswa, pengelolaan kelas dan kemampuan mengajar yang variatif. Seorang guru yang mempunyai tugas sebagai wali kelas hendaknya mempunyai kompetensi profesional sehingga akan tercipta proses pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif yang dapat mengatasi berbagai permasalahan siswa di kelas.

Peran Wali Kelas Yang Paling Penting – Wali kelas atau guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan Di indonesia. Keberhasilan wali kelas dalam mengimplementasikan pendidikan dan pembelajaran dan tidak terlepas dari kompetensi yang dimilikinya. Banyak komponen-komponen yang memengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah guru yang ditugaskan atau berperan sebagai wali kelas.

Peran Wali Kelas Yang Paling Penting

Peran wali kelas yang paling penting ini sangat berpengaruh besar terhadap proses pendidikan pada tingkat dasar, misalnya SD dan SMP.  Peran wali kelas sangat dominan dalam memotivasi belajar siswa, pengelolaan kelas dan kemampuan mengajar yang variatif. Seorang guru yang mempunyai tugas sebagai wali kelas hendaknya mempunyai kompetensi profesional sehingga akan tercipta proses pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif yang dapat mengatasi berbagai permasalahan siswa di kelas. Baca juga artikel Gangguan Perkembangan dan Perilaku Anak Sekolah

Mungkin kamu tidak merasa asing lagi dengan wali kelas di sekolah-sekolah. Unsur yang tergolong pengelola sekolah ini umumnya terdapat pada jenjang pendidikan SMP dan SMA, sedangkan pada tingkat SD disebut dengan Guru Kelas yang tugas dan fungsinya hampir sama di setiap jenjang sekolah.

Pengangkatan seorang wali kelas umunya dilakukan pada awal tahun ajaran, dengan tujuan untuk membantu kepala sekolah dalam hal mengelola kelas yang ada di sekolah. Salah satu tugas wali kelas yang sudah sama-sama kita ketahui adalah pengisian rapor atau e-rapor kalau dalam istilah kurikulum 2013, dan memberikan laporan hasil belajar siswa tersebut kepada orang tua siswa pada akhir semester atau tahun pelajaran.

Peran wali kelas yang paling penting selain memiliki tugas mengelola kelas, seorang wali kelas ternyata dapat mewakili peran orang tua siswa di sekolah atau disebut pengganti orang tua asli, terutama dalam hal yang  berkaitan dengan perkembangan belajar siswa dan permasalahan yang dihadapi siswa di kelas.

Download RPP SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting 

Melalui perannya tersebut maka seorang wali kelas diharapkan dapat:
  1. mengatasi masalah di kelas.
  2. mendiagnosis siswa yang mempunyai masalah
  3. memberi berbagai pelatihan kepada siswa untuk mendorong timbulnya kesadaran diri.
  4. memasukkan system, pendekatan dan inovasi ke dalam ruang kelas.
  5. menjembatani komunikasi antara siswa dengan guru, siswa dengan kepala sekolah, atau siswa dengan orang tua di rumah dalam hal perkembangan belajar.
  6. memberikan alternative kebutuhan kelas terhadap pemecahan masalah di kelas.

Demikian artikel tentang Peran Wali Kelas Yang Paling Penting ini dapat menjadi pencerahan bagi kamu yang memilki tanggung jawab sebagai wali kelas di sekolah. Jika dalam artikel 6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting ini terdapat kekurangan, maka kamu dapat menambahkannya di kolom komentar. Baca juga artikel lainnya yang berjudul Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel