3 Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan

Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan - Akhir-akhir ini banyak orang yang  berminat menjadi guru. Tamatan  SMU Sederajat, banyak yang masuk perguruan tinggi keguruan. Yang sudah lama tamat pun jadi berminat untuk mengikuti kuliah kembali di unit PGSD atau perguruan tinggi swasta keguruan.  Tidak sedikit pula  yang banting stir, pindah dari program  non- kependidikan ke program kependidikan. Ini kabar gembira bagi dunia pendidikan di negeri ini.

Untuk menjadi guru, calon guru hendaknya perlu memiliki ilmu pengetahuan dasar kependidikan. Dalam ilmu pengetahuan kependidikan terdapat tugas-tugas guru dalam pembelajaran, startegi dan metode pembelajaran, didaktik pendidikan, dan lain sebagainya. Pengetahuan dasar ini akan diperdalam melalui penataran, pendidikan dan  pelatihan. Baca juga Contoh Janji Siswa Dalam Upacara Bendera

Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan: Tugas guru sebagai pendidik boleh dibilang agak sulit. Mendidik berkaitan dengan sikap dan tingkah laku (afektif) siswa . Mendidik berarti mengubah sikap dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik. Pameo “Guru Kencing Berdiri, murid kencing berlari” akan benar-benar jadi kenyataan  bila guru tidak memahami tugas yang satu ini.3 Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan

Berkaitan dengan tugas guru, minimal  ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan yang perlu diketahui sebagai guru baru atau calon guru. 3 tugas pokok  guru tersebut adalah:

1. Mendidik

Tugas guru sebagai pendidik boleh dibilang agak sulit. Mendidik berkaitan dengan sikap dan tingkah laku (afektif) siswa . Mendidik berarti mengubah sikap dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik. Pameo “Guru Kencing Berdiri, murid kencing berlari” akan benar-benar jadi kenyataan  bila guru tidak memahami tugas yang satu ini.

2. Mengajar

Mengajar berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Menjadikan siswa dari tidak tahu menjadi mengetahui tentang berbagai disiplin ilmu sesuai mata pelajaran masing-masing. Fokus utamanya adalah aspek kognitif (intelektual) siswa.  Tugas mengajar dilaksanakan dengan berbagai strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai.

3. Melatih

Tugas guru melatih bertujuan agar siswa memiliki sejumlah keterampilan dan kecakapan sesuai mata pelajaran masing-masing. Pada sekolah umum, maka keterampilan dan kecakapan yang dimaksud disini adalah keterampilan dan kecakapan dasar. Berbeda dengan sekolah kejuruan yang memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.

Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Guru

Kedudukan, fungsi, dan tujuan guru menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen:

Kedudukan, Fungsi, Dan Tujuan

Pasal 2
  1. Guru memiliki kedudukan sebagai tenaga profesional di jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 
  2. Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional yang disetujui pada ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 3
  1. Dosen pemegang jabatan profesional di jenjang pendidikan tinggi yang ditunjuk sesuai dengan peraturan perundang undangan. 
  2. Pengakuan kedudukan sebagai tenaga profesional disetujui pada ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 4
Pasal 2 ayat (1) bekerja untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Pasal 5
Pasal 3 ayat (1) melakukan peningkatan martabat dan peran dosen sebagai agen pembelajaran, pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi untuk masyarakat yang berupaya meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pasal 6
Kedudukan guru dan guru sebagai tenaga profesional untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan untuk tujuan pendidikan nasional, di antaranya adalah pengembangan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, juga menjadi warga negara yang berhak dan bertanggung jawab.

Sedangkan Hak dan Kewajiban guru menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen adalah:

Hak dan Kewajiban

Pasal 14
(1) Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak:
  • Dapatkan bantuan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial;
  • Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja;
  • Mendapatkan kebebasan dalam menjalankan tugas dan hak atas kekayaan intelektual;
  • Terima peluang untuk meningkatkan kompetensi;
  • Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan;
  • memiliki kebebasan dalam memberikan kebebasan dan ikut menentukan kelulusan, dan / atau menghargai peserta didik sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundangan-undangan;
  • Mendapatkan rasa aman dan aman dalam melaksanakan tugas;
  • memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi;
  • memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pendidikan kebijakan;
  • Dapatkan peluang untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan / atau
  • Dapatkan pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.
(2) Ketentuan lebih lanjut tentang hak guru disetujui pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Demikian artikel 3 Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan ini dibuat berdasarkan opini penulis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada saat ini, semoga dengan adanya artikel Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan ini dapat menambah pengetahuan dasar kita mengenai tugas guru. Baca juga artikel 6 Peran Wali Kelas Yang Paling Penting

0 Response to "3 Tugas Pokok Guru Dalam Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel