Materi MPLS Tata Krama Siswa

Materi MPLS Tata Krama Siswa ini ditulis sebagai bahan referensi narasumber pada kegiatan MPLS di sekolah dan sebagai bahan pembelajaran karakter pada siswa baru.

Materi MPLS Tata Krama Siswa ini ditulis sebagai bahan referensi narasumber pada kegiatan MPLS di sekolah dan sebagai bahan pembelajaran karakter pada siswa baru. Tata krama atau adat sopan santun atau sering disebut etiket telah menjadi bagian dalam hidup, contoh; pada waktu Anda masih kanak-kanak, orang tua Anda sudah melatih Anda menerima pemberian orang dengan tangan sebelah kanan dengan mengucapkan terima kasih. Orang tua Anda melatih Anda cara makan, minum, menyapa, memberi hormat dan berpakaian. Lama kelamaan perilaku Anda menjadi kebiasan. Tata krama adalah kebiasaan, yang lahir dalam hubungan antar manusia. Tata krama yang semula berlaku dalam lingkungan terbatas lama kelamaan dapat merambabt ke lingkungan yang lebih luas. Tata krama telah menjadi bagian dari pergaulan sehari-hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa tata kram adalah kebiasaan sopan santun yang dispakati dalam lingkungan pergaulan antara manusia setempat.

Materi MPLS Tata Krama Siswa

Tata krama atau adat sopan santun atau sering disebut etiket telah menjadi bagian dalam hidup, contoh; pada waktu Anda masih kanak-kanak, orang tua Anda sudah melatih Anda menerima pemberian orang dengan tangan sebelah kanan dengan mengucapkan terima kasih. Orang tua Anda melatih Anda cara makan, minum, menyapa, memberi hormat dan berpakaian. Lama kelamaan perilaku Anda menjadi kebiasan. Tata krama adalah kebiasaan, yang lahir dalam hubungan antar manusia. Tata krama yang semula berlaku dalam lingkungan terbatas lama kelamaan dapat merambabt ke lingkungan yang lebih luas. Tata krama telah menjadi bagian dari pergaulan sehari-hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa tata kram adalah kebiasaan sopan santun yang dispakati dalam lingkungan pergaulan antara manusia setempat.

Tata krama terdiri atas kata tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan, tindakan, perbuatan. Tata krama berarti adat sopan santun, kebiasaan sopan santun. Dalam pergaulan sehari-hari sering kita jumpai manusia dengan type kedondong yaitu orang yang berpenampilan menarik dalam berpakaian, berbicara, makan, minum, dan berjalan. Namun penampilan itu hanyalah polesan saja. Ternyata hatinya dikuasai oleh sifat-sifat tak terpuji, suka dendam, egois, suka menyakiti hati. Ada juga manusia yang bertype durian, penampilan tidak menarik, kasar, dan tidak mengundang simpati, namun berhati emas, rendah hati, suka memaafkan, suka menolong dan menghargai orang lain.

Kulit durian memang tajam dan kasar, tetapi buah durian terasa enak kalau dimakan. Makna tata krama yang sesungguhnya bukanlah seperti kedondong yang licin kulitnya dan masam rasanya, demikian pula makna tata krama bulanlah seperti durian yang tajam tapi enak rasanya. Kedua-duanya sama merugikan. Baca juga Bentuk Kegiatan MPLS di Sekolah Disertai Larangannya

Macam-macam tata krama: Tata krama pergaulan, Komunikasi sebagai sifat alami manusia, Komunikasi dan tata krama pergaulan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. 

Ada beberapa kunci pokok yang perlu dicamkan dalam masalah komunkasi:
  1. Perlakuan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. 
  2. Setiap orang mempunyai perbedaan-perbedaan perorangan tidak ada kembar satu telur yang sama. 
  3. Kenal dulu baru sayang, makin kenal makin sayang, tak kenal makin tak sayang.   

Tata krama berkenalan Kedua belah pihak saling menyebutkan nama, saling memandang, berjabatan tangan, tidak mengayun-ayunkan tangan. Tata krama bertamu Hendaknya berjanji dahulu dan datang tepat waktu. Tata krama berbicara;
  1. Berkata peliharalah lidah, jangan menyinggung perasaan 
  2. Jangan memotong pembicaraan orang lain 
  3. Perhatikan Anda berbicara dengan siapa  


Tata Krama Berpenampilan 

a. Cara menggunakan pakaian 
  1. Kalau pakai seragam sekolah harus dimasukkan pakai dasi sabuk hitam (seragam putih abu-abu) 
  2. Pada waktu olahraga pakailah pakaian dan olahraga
  3. Memakai pakaian harus cocock denagn situasi dan tempat 

b. Cara berjalan bersama 
  1. Laki-laki harus melindungi wanita 
  2. Kalau ada dua wanita dan satu pria, pria berjalan di sisi yang berdekatan dengan lalu lintas 
  3. Kalau ada dua pria dan satu wanita, wanita ada di tengah. 

c. Tata cara makan 
  1. Cicipilah makan dan minuman dengan tidak bersuara. 
  2. Jika batuk pada waktu makan tutupi mulut. 
  3. Berdoa sebelum makan. 

d. Tata cara menggunakan fasilitas umum 
  1. Buang sampah pada tem patnya 
  2. Jagalah kebersihan baik di dalam kelas maupun di sekitar halaman. 
  3. Taman umum harus ikut kita jaga kebersihannya. 
  4. Sopan berkendara di jalan. 

Demikian artikel Materi MPLS Tata Krama Siswa ini diposting, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai pentingnya tata krama ini diimplementasikan oleh siswa khususnya dan umumnya untuk kita semua sebagai warga negara Indonesia. Baca juga artikel Materi MPLS Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara
Sekedar Informasi
Baca dengan teliti, hindari copy paste. Jika artikel pada blog ini menjadi referensi silakan cantumkan sumber "nangkring.net".
Kamu dapat mengirimkan request artikel ke email: nangkringblog@gmail.com

Belum ada Komentar untuk "Materi MPLS Tata Krama Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel