Kebudayaan Suku Baduy yang Unik

Kebudayaan Suku Baduy; Perdaban manusia dan  kebudayaan suatu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan di jagat raya ini, manusia sebagai mahluk tuhan yang paling sempurna dan telah menciptakan kebudayaannya sendiri dan melestarikannya secara turun temurun sampai kini. Budaya itu sendiri tercipta dari kegiatan manusia sehari-hari yang sudah diatur oleh sang pencipta.

Kebudayaan Suku Baduy yang Unik - Dengan  menjalani  kehidupan  sesuai  Adat dan aturan yang ditetapkan oleh Kepala Adat di sana, tercipta sebuah komunitas dengan tatanan masyarakat yang amat damai dan sejahtera. ”Di masyarakat Baduy, tidak ada orang kaya, namun tidak ada orang miskin. Kehidupan mereka, hakekatnya sama seperti layaknya  kehidupan masyarakat lainnya. Hanya saja yang membedakannya adalah begitu banyak aturan tradisional yang terkesan kolot yang harus mereka patuhi.

Kebudayaan Suku Baduy yang Unik

Diksi kebudayaan  berasal dari kata budaya yang artinya hal yang berkaitan dengan budi dan akal  manusia, definisi  kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi  tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang  terdapat dalam pikiran  manusia, kebudayaan  itu bersifat abstrak. Namun, kebudayaan  juga dapat kita nikmati dengan panca indra kita. Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan. Secara sederhana hubungan antara manusia dengan  kebudayaan  tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari oleh manusia. Baca juga artikel Obat Diabetes Paling Ampuh; Cara Tradisional

Misalnya kebudayaan Suku Baduy yang berada di Ciboleger, Kabupaten Lebak-Banten Masyarakat Baduy sejak dahulu memang selalu berpegang  teguh  kepada seluruh  ketentuan  maupun aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Pu’un (Kepala Adat) mereka. Kepatuhan kepada ketentuan-ketentuan tersebut menjadi pegangan mutlak untuk menjalani kehidupan bersama. Selain itu, didorong oleh  keyakinan  yang kuat, hampir keseluruhan masyarakat Baduy Luar maupun Baduy Dalam tidak pernah ada yang menentang atau menolak aturan yang diterapkan sang Pu’un.

Dengan  menjalani  kehidupan  sesuai  Adat dan aturan yang ditetapkan oleh Kepala Adat di sana, tercipta sebuah komunitas dengan tatanan masyarakat yang amat damai dan sejahtera. ”Di masyarakat Baduy, tidak ada orang kaya, namun tidak ada orang miskin. Kehidupan mereka, hakekatnya sama seperti layaknya  kehidupan masyarakat lainnya. Hanya saja yang membedakannya adalah begitu banyak aturan tradisional yang terkesan kolot yang harus mereka patuhi.

Kawalu adalah kegiatan puasa yang dilakukan oleh masyarakat Baduy Dalam. Di saat Kawalu ini, orang dari luar komunitas Baduy dilarang keras memasuki wilayah  mereka. Inilah salah satu ketentuan adat Baduy Dalam, mereka harus menjalani puasa yang mereka sebut “Kawalu” dan jatuh bulannya adalah di Bulan Adapt pada kalender Suku Baduy.

Di saat Kawalu, ada banyak  kegiatan  adat dan  tidak ada kegiatan lain. Semua kegiatan yang dilakukan difokuskan kepada prosesi Kawalu. Pada bulan ini masyarakat Suku Baduy tidak diperkenankan  membetulkan rumah atau selamatan-selamatan melainkan mempersiapkan penyambutan datangnya hari besar bagi masyarakat Baduy yang disebut Seba atau dinamakan dengan berakhirnya masa Kawalu).

Satu-satunya kegiatan  utama sebagai pesiapan yang mereka lakukan adalah mengumpulkan hasil panen padi dari ladang-ladang mereka dan menumbuknya menjadi beras. Dalam satu tahun masyarakat Baduy melaksanakan  puasa selama 3 bulan berturut-turut sesuai dengan amanah adatnya.

Demikian artikel Kebudayaan Suku Baduy yang Unik ini diulas sebagai pengetahuan dan informasi bahwa Suku Baduy mempunyai kebudayaan yang unik di Indonesia tercinta ini. Baca juga artikel Penjelasan Ayam Dulu Apa Telur Dulu Menurut Alquran

Belum ada Komentar untuk "Kebudayaan Suku Baduy yang Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel