Cara Mengisi Menu Sarpras Pada Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020

Cara Mengisi Menu Sarpras Pada Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020

Sehari setelah rilisnya aplikasi Dapodik versi 2020 banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari kalangan Operator Sekolah terkait Pembaruan Pada Menu Sarpras antara lain mengenai Tanah dan Bangunan. Dapodik versi 2020 ini memang banyak mengalami perubahan dan penambahan Menu yang harus diisi oleh Operator.

Sehari setelah rilisnya aplikasi Dapodik versi 2020 banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari kalangan Operator Sekolah terkait Pembaruan Pada Menu Sarpras antara lain mengenai Tanah dan Bangunan. Dapodik versi 2020 ini memang banyak mengalami perubahan dan penambahan Menu yang harus diisi oleh Operator.

Cara Mengisi Menu Sarpras Pada Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020

Di bawah ini kami ulas Pembaruan-Pembaruan Pada Menu Sarpras yang banyak ditanyakan pada akhir-akhir ini. 

Pembaruan Pemecahan Formulir Sarpras Menjadi 3 Bagian 

  • Apa saja pemisahan data di prasarana? Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya seperti pada saat akan membuat Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan ruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, jika sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record). 
  • Apa saja pemisahan data di tabel sarana ? Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang. 
  • Isian record tanah berdasarkan apa ?  status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik. 
  • Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya? Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut. 
  • Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya? Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud adalah untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.  
  • Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut? Klik 2x pada isian tersebut, data dummy bisa dirubah dan bisa menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya bisa menggunakan tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.   


Pembaruan Penambahan Sub Menu Tanah Dan Bangunan 

  • Apa saja isian pada sub menu tanah ? Berbagai isian pada sub menu tanah adalah penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud adalah luas tanah tersebut, lahan kosong, lapangan. Setiap jenis tersebut jika ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus dilengkapi. Menu lainnya adalah apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? jika iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada menu aksi.
  • Apa saja isian pada sub menu bangunan ? Berbagai isian pada sub menu bagunan adalah penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis tersebut jika ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya seperti kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya adalah bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada menu dihasilkan dari blogrant.


Pembaruan Penambahan Sub Menu Ruang

  • Apa saja isian pada sub menu ruang? Ruang di aplikasi versi 2020 di bagi menjadi beberapa jenis ruang yaitu ruang kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masingmasing.


Pembaruan Penambahan Sub Menu Alat, Angkutan Dan Buku

  • Apa yang di maksud dengan buku teks ?  Buku teks adalah buku referensi yang dijadikan acuan sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.
  • Apa yang di maksud dengan buku non teks? Buku non teks adalah katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks 
  • Apa yang di maksud dengan angkutan ? Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari: sepeda, motor, mobil, perahu
  • Apa yang di maksud dengan alat ?  alat adalah segala sarana yang dimiliki oleh sekolah


Demikian ulasan seputar tanya jawab dan Cara Mengisi Menu Sarpras Pada Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020. [Baca juga panduan lengkapnya di Sini]
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel