6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Atau Pegawai

Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan - Setiap perusahaan akan selalu berupaya untuk dapat meningkatkan semangat kerja sesuai dengan batas-batas kemampuan perusahaan tersebut. Untuk meningkatkan semangat dan kegairahan kerja karyawan dalam suatu perusahaan dapat dilakukan dengan sesuatu yang bersifat material maupun nonmaterial.

Banyak cara untuk meningkatkan semangat kerja karyawan, baik yang bersifat material maupun non-material, misalnya gaji yang cukup tapi tidak merugikan perusahaan, penempatan karyawan pada posisi yang tepat, pemenuhan kebutuhan rohani dan cara seorang pemimpin menghargai karyawannya.

Berikut 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Atau Pegawai Menurut Alex S. Nitisemito (1996 : 171) cara-cara tersebut antara lain:

1. Gaji yang Cukup

Gaji yang cukup disini maksudnya adalah jumlah gaji yang mampu dibayarkan tanpa menimbulkan kerugian pada perusahaan dan sesuai dengan jasa yang diberikan karyawan sehingga mampu memberikan semangat kerja pada karyawan.

2. Kebutuhan Rohani

Untuk memenuhi kebutuhan rohani perusahaan bukan hanya menyediakan tempat  ibadah, tetapi  juga perusahaan  harus dapat  memenuhi  kebutuhan karyawan untuk dihargai, kebutuhan keikutsertaan, ketentraman jiwa, dan lain sebagainya.

3. Harga Diri Karyawan

Banyak cara pemimpin menunjukkan sikap menghargai karyawannya. Misalnya jika karyawan melakukan kesalahan, pemimpin tidak memarahi didepan umum. Sebaliknya apabila karyawan berprestasi maka berilah ia penghargaan atau pujian.

4. Posisi yang Tepat

Salah menentukan tufoksi karyawan akan pasti menyebabkan pekerjaan akan menjadi kurang lancar dan tidak dapat memperoleh hasil yang maksimal, di samping itu semangat kerja karyawan akan menurun karena kemungkinan besar bukan fashionnya.

5. Kesempatan untuk Maju

Semangat dan kegairahan kerja karyawan akan timbul jika mereka mempunyai harapan untuk maju. Oleh karena itu perusahaan harus memberi kesempatan pada karyawan untuk maju.

6. Loyalitas Karyawan

Kesetiaan dan loyalitas terhadap karyawan dapat menimbulkan rasa tanggung jawab yang positif. Tanggung jawab dapat menciptakan semangat dan kegairahan kerja. Untuk menciptakan loyalitas karyawan terhadap perusahaan pemimpin harus mengusahakan agar karyawan merasa senasib dengan perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa seorang pemimpin jangan hanya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja melainkan harus mengetahui juga bagaimana cara meningkatkan semangat kerja karyawan.

Banyak cara untuk meningkatkan semangat kerja karyawan, baik yang bersifat material maupun non-material, misalnya gaji yang cukup tapi tidak merugikan perusahaan, penempatan karyawan pada posisi yang tepat, pemenuhan kebutuhan rohani dan cara seorang pemimpin menghargai karyawannya.

Seorang pemimpin yang mengetahui cara-cara meningkatkan semangat kerja dan menegakkannya dalam perusahaan tertentu akan sangat menguntungkan.Dengan demikian karyawan akan mau bekerja sama dan disiplin untuk mencapai tujuan bersama tanpa paksaan.

Dengan adanya uraian mengenai pengertian semangat kerja, indikasi rendahnya semangat kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja dan cara meningkatkan semangat kerja maka penulis menyimpulkan indikator semangat kerja terdiri dari: Absensi, Kerja sama, Disiplin, dan Kepuasan.

Nah itulah artikel 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Atau Pegawai yang logis dan dan pastinya akan meningkatkan semangat kerja para karyawan di tempat perusahaan kamu. Baca juga artikel lainnya 6 Ciri Perubahan Semangat Kerja
Sekedar Informasi
Baca dengan teliti, hindari copy paste. Jika artikel pada blog ini menjadi referensi silakan cantumkan sumber "nangkring.net".
Kamu dapat mengirimkan request artikel ke email: nangkringblog@gmail.com

0 Response to "6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Atau Pegawai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel