7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin

7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin

7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin Dalam ulasan pada artikel di bawah ini sedikit banyaknya admin akan memaparkan bagaimana tanggung jawab dan wewenang pemimpin pada sebuah perusahaan atau instansi yang ia pimpin. Sedikitnya ada 7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin yang harus dimilik oleh setiap pemimpin perusahaan maupun instansi.

7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin: Dalam ulasan pada artikel di bawah ini sedikit banyaknya admin akan memaparkan bagaimana tanggung jawab dan wewenang pemimpin pada sebuah perusahaan atau instansi yang ia pimpin. Sedikitnya ada 7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin yang harus dimilik oleh setiap pemimpin perusahaan maupun instansi. Seorang pemimpin dalam menjalankan proses mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, dapat mengambil gaya kepemimpinan tertentu dan memiliki tanggung jawab serta wewenang yang harus dijalankan oleh pemimpin tersebut. Tanggung jawab dan wewenang yang dipikul oleh pemimpin tersebut bermaksud agar tujuan perusahaan tercapai dan harapan para karyawan terpenuhi.

Seorang pemimpin dalam menjalankan proses mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, dapat mengambil gaya kepemimpinan tertentu dan memiliki tanggung jawab serta wewenang yang harus dijalankan oleh pemimpin tersebut. Tanggung jawab dan wewenang yang dipikul oleh pemimpin tersebut bermaksud agar tujuan perusahaan tercapai dan harapan para karyawan terpenuhi.

7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin

Menurut Mijlus yang dikutip oleh Heidjrachmandan Husnan(1997:218) menyebutkan bahwa tanggung jawab para pemimpin adalah:
  1. Menentukan tujuan pelaksanaan kerja yang realistis.
  2. Melengkapi para karyawan tentang apa yang diharapkan dari mereka.
  3. Mengkomunikasikan kepada para karyawan tentang apa yang diharapkan dari mereka.
  4. Memberikan susunan hadiah yang sepadan untuk mendorong prestasi.
  5. Mendelegasikan wewenang apabila diperlukan dan mengundang partisipasi apabila memungkinkan.
  6. Menghilangkan hambatan untuk pelaksanaan pekerjaan dan mengkomunikasikan hasilnya.
  7. Menunjukkan perhatian kepada para karyawan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis melihat bahwa tanggung jawab pemimpin pada intinya menunjukkan perlu adanya pengarahan kepada karyawan atau bawahannya serta membantu mereka agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Baca juga 6 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Atau Pegawai

Wewenang pemimpin adalah wewenang yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk memimpin bawahannya dalam usaha mencapai tujuan tertentu.Wewenang pemimpin merupakan hak untuk bertindak atau mempengaruhi tingkah laku orang yang dipimpinnya. Dalam buku manajemen personalia karangan Heidjrachman dan Husnan (1997 : 219) terdapat dua sumber wewenang yaitu top downauthority dan bottom up authority.

Yang dimaksud dengan top down authority adalah wewenang yang berasal dari kekuasaan puncak turun ke wewenang yang lebih rendah. Sedangkan yang dimaksud dengan bottom up authority adalah pimpinan diberi wewenang untuk memimpin, maka para bawahan akan menghargai wewenang itu dan akan menghargai orang tersebut.

Demikian artikel yang membahas 7 Tanggung Jawab dan Wewenang Pemimpin, semoga dapat menambah wawasan kita. Baca juga artikel lainnya yang berjudul Teori Lengkap Macam-macam Gaya Kepemimpinan
LihatTutupKomentar
Cancel

Cancel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel