Catatan Guru Dan Wali Kelas Untuk Rapor Selama Pembelajaran Di Rumah (Daring)

Catatan Guru Dan Wali Kelas Untuk Rapor Selama Pembelajaran Di Rumah (Daring)

Catatan Guru Dan Wali Kelas Untuk Rapor Selama Pembelajaran Ananda Zada, selama pembelajaran di rumah berlangsung yang didampingi orang tuamu hasilnya menunjukan bahwa kamu rajin dalam belajar walaupun terdapat beberapa kendala yang kita alami dan itu bukan hanya kita saja. Dari upaya dan hasil pembelajaran kamu di rumah saya menyimpulkan bahwa kamu TUNTAS dalam tugas pembelajaran daring seluruh mata pelajaran dan berhak mendapatkan penghargaan sebagai SISWA TERBAIK.
Sejak tanggal bulan Maret 2020 Kemdikbud telah mengeluarkan edaran tentang pemberhentian sementara aktifitas belajar mengajar di sekolah dan dialihkan ke pembelajaran di rumah dengan cara daring atau online. Namun tidak semua sekolah di Indonesia berhenti KBM, ada beberapa sekolah yang masih terus berjalan seperti biasanya, namun kebanyakan sekolah di Indonesia mematuhi edaran kemdikbud tersebut.

Meskipun aktifitas pembelajaran di sekolah diliburkan, namun pembelajaran harus tetap berjalan, yang menjadi pembeda adalah teknis pembelajarannya. Itu artinya penilaian terus berjalan walaupun tanpa tatap muka antara Guru dan Murid.

Mayoritas sekolah untuk tingkat SMP dan SMA telah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi sebagai salah satu cara agar pembelajaran terus berjalan, walaupun telah terjadi banyak kendala, terutama dalam hal sarana, pulsa, dan jaringan yang memadai.

Hal selanjutnya adalah mengenai penilaian dari pembelajaran tersebut, apalagi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah saat ini ditiadakan. Alhasil banyak pertanyaan yang muncul seputar teknis penilaian tersebut diantaranya:
  1. Bagaimana caranya guru menilai hasil pembelajaran siswa di rumah, sedangkan tidak semua siswa mengikuti pembelajaran secara daring yang disebabkan oleh berbagai hal?
  2. Apakah di tahun 2020 akan tetap ada pembagian rapor siswa?
  3. Bagaimana memberikan penilaian yang objektif terhadap hasil pembelajaran siswa selama di rumah?

Bapak ibu guru dan orang tua siswa tidak perlu khawatir tentang cara penilaian pembelajaran siswa selama di rumah, juga jangan berdebat mengenai pembagian rapor. Di sini saya akan mencoba membagikan macam-macam catatan guru atau wali kelas untuk rapor siswa selama pembelajaran di rumah, dan mudah-mudahan masih ada yang namanya pembagian rapor.

Catatan Guru Dan Wali Kelas Untuk Rapor Siswa 

Selama pembelajaran di rumah guru dan wali kelas harus tetap memberikan penilaian dan catatan yang objektif terhadap keikutsertaan siswa dalam upaya pembelajaran luar biasa ini. Inilah contoh catatan guru dan wali kelas untuk rapor siswa selama pembelajaran di rumah:

Untuk Siswa Yang Aktif Belajar
  1. Ananda Zada, selama pembelajaran di rumah berlangsung yang didampingi orang tuamu hasilnya menunjukan bahwa kamu rajin dalam belajar walaupun terdapat beberapa kendala yang kita alami dan itu bukan hanya kita saja. Dari upaya dan hasil pembelajaran kamu di rumah saya menyimpulkan bahwa kamu TUNTAS dalam tugas pembelajaran daring seluruh mata pelajaran dan berhak mendapatkan penghargaan sebagai SISWA TERBAIK.
  2. Ananda Zamy, selama pembelajaran di rumah berlangsung dan telah didampingi orang tuamu hasilnya menunjukan bahwa kamu siswa yang rajin belajar walaupun terdapat beberapa kendala yang kita alami dan itu bukan hanya kita saja. Dari upaya dan hasil pembelajaran kamu di rumah saya menyimpulkan bahwa kamu TUNTAS dalam penugasan pembelajaran daring seluruh mata pelajaran dan berhak mendapatkan penghargaan sebagai SISWA TERAKTIF.

Untuk siswa yang Kurang Aktif
  1. Ananda Nisa, selama pembelajaran di rumah berlangsung sejak tanggal yang ditetapkan oleh sekolah, kamu hanya mengikuti beberapa kali belajar di ruang belajar daring yang sudah disediakan oleh guru, untuk itu saya harap kamu dapat menggunakan waktumu dengan efisien. Saya memahami bentuk kendala pembelajaran daring yang kita alami selama ini, namun harusnya tidak membuat kita putus asa dan malas. Saya menyanyangimu!

Untuk Siswa Yang Tidak Aktif Dan Lalai
  1. Ananda Rival, saya memahami kesulitan belajar daring yang kita lakukan, bijaknya kita lalui itu dengan tekun dan sabar. Saya menerima laporan dari seluruh guru mata pelajaran bahwa kamu tidak pernah mengikuti pembelajaran kelas jauh atau pembelajaran di rumah, itu artinya kamu tidak mendapatkan ilmu dan tidak mengerjakan tugas selama pembelajaran di rumah itu berlangsung. Sebagai wali kelas, saya harus memberikan nilai yang objektif dan adil. Saya menyanyangimu!

Itulah beberapa contoh Catatan Guru Dan Wali Kelas untuk rapor siswa selama pembelajaran di rumah berlangsung. Selebihnya hanya bapak ibu guru dan wali kelaslah yang tahu kondisi pembelajaran yang dialami oleh Anda dan Siswa, untuk itu besar harapan saya Bapak dan Ibu Guru dapat menambahkan contoh catatan guru dan wali kelas untuk rapor siswa selama pembelajaran di rumah sesuai dan kondisi yang Anda alami selama ini. 

Silakan tambahkan catatannya di kolom komentar agar guru-guru yang lain dapat membacanya. Baca juga Contoh Catatan Wali Kelas untuk Pengisian eRapor

3 komentar untuk "Catatan Guru Dan Wali Kelas Untuk Rapor Selama Pembelajaran Di Rumah (Daring)"

metode pelatihan mengatakan…
assalamu'alaikum makasih kami sudah terbantu dengan adanya artikel ini...
metode pelatihan mengatakan…
assalamu'alaikum makasih kami sudah terbantu dengan adanya artikel ini...
metode pelatihan mengatakan…
makasih banyak sudah terbantu...

Berlangganan via Email