Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Pembelajaran 1: Merinci Bagian-bagian Struktur Teks Deskripsi - BAB 1 Teks Deskripsi SMP Kelas VII

Pembelajaran 1: Merinci Bagian-bagian Struktur Teks Deskripsi - BAB 1 Teks Deskripsi SMP Kelas VII



Struktur Teks Deskripsi

Identifikasi/ gambaran umum

Adalah berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.

Deskripsi bagian

Adalah berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis.

  • Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
  • Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/ penulis membandingkan dengan apa).
  • Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objeks

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berdasarkan ruang: 

Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.

Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek: 

Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).

Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung:

Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.

Deskripsi bagian berupa pemfokusan: 

Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.

Contoh 1 Teks Deskripsi

Pantai Karang Seke

Pantai Karang Seke, tempat wisata yang menakjubkan. Pantai ini berlokasi di desa Muara, kecamatan Wanasalam, kabupaten Lebak, Banten. Dengan Gapura atau pintu masuk ke area pantai selalu menyambut ramah kunjunganku ke pantai ini. Pohon-pohon kelapa berjajar sepanjang jalan menemani langkah kakiku menapak hamparan pasir berkilauan.

Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala. Ombak putih berbuih, bergulung-gulung menjadi lambang kesucian alam yang harus tetap dijaga. Di sebelah barat, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang sepanjangan bibir pantai sebagai wahana bagi para pengunjung yang ingin memancing dan berswafoto ria. Yang menarik adalah pemandangan dermaga yang sudah tidak terurus.

Bagi para nelayan yang hendak menangkap ikan dan udang  dapat membawa perahu-perahu mereka dimulai dari dermaga tersebut ke arah matahari yang terbenam di antara awan berwarna emas, ungu, dan merah terang yang menandakan hari telah sore. 

Warung-warung bambu dengan jajanan khas muara Binuangeun berjajar di tepi pantai siap menggoda perut-perut yang sedang lapar. Berkunjung ke pantai Karang Seke menjadi tidak sempurna jika tidak menyempatkan untuk mampir sekedar menikmati bakso khas di pantai ini. Minuman segar kelapa muda menghapus rasa haus. Para pengunjung seperti disuguhkan jamuan sembari menikmati lukisan alam yang menakjubkan.

Keberadaan Pantai Karang Seke yang indah memang belum begitu popular seperti tempat wisata pantai yang sudah ada selama ini. Pantai Karang Seke ini masih perlu dipromosikan supaya banyak wisatawan yang berkunjung.

Contoh 2 Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi berikut yang sudah dirinci  menurut bagian-bagian struktur teks deskripsi.

Nah sekarang kalian sudah mengetahui teks deskripsi yang telah dirinci berdasarkan bagian-bagian strukturnya. Bagaimana, mudah bukan?

Silakan dicatat bagian-bagian yang penting dalam pembelajaran 1. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi, menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan. Setelah itu laporkan hasilnya kepada guru Bahasa Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pembelajaran 1: Merinci Bagian-bagian Struktur Teks Deskripsi - BAB 1 Teks Deskripsi SMP Kelas VII"